ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN YOUTUBE SCARLETT X SONG JOONG KI – GET READY TO MEET SONG JOONG KI’S NEW LOVE

Novita Sari Dewi, 182050444 (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN YOUTUBE SCARLETT X SONG JOONG KI – GET READY TO MEET SONG JOONG KI’S NEW LOVE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Novita.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR Novita.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI Novita.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER Novita.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL Novita.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR Novita.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN Novita.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Novita.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Novita.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Novita.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN YOUTUBE SCARLETT X SONG JOONG KI - GET READY TO MEET SONG JOONG KI’S NEW LOVE”. Iklan ini cukup menarik lantaran Scarlett Whitening berhasil memanfaatkan budaya populer Korea yang sedang hangat di Indonesia dengan menggaet Song Joong Ki sebagai Star Ambassadornya. Iklan dikemas semenarik mungkin dengan agar maksud dan tujuan utama dari adanya iklan dapat tersampaikan kepada khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami makna representamen, objek, dan interpretan yang terkandung dalam iklan Get Ready To Meet Song Joong Ki’s New Love di youtube serta mengetahui realitas sosial yang terbentuk dari munculnya iklan Get Ready To Meet Song Joong Ki’s New Love di kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce yang menganalisis makna – makna yang muncul pada setiap adegan dalam iklan. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan merujuk pada Teori Konstruksi Realitas Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terkandung makna representamen, objek, dan interpretan pada setiap adegan dalam iklan Get Ready To Meet Song Joong Ki’s New Love di youtube. Selain itu, iklan ini juga memiliki makna yang erat kaitannya dengan realitas sosial yang terjadi di kalangan masyarakat. Peneliti ingin menyampaikan beberapa masukan untuk para pihak pembuat iklan dan juga khalayak yang menonton. Kepada pihak pembuat iklan sudah seharusnya menciptakan sebuah iklan yang menarik dan berkualitas agar proses promosi dapat tersampaikan secara efektif namun tetap memperhatikan setiap detail dalam iklan agar tidak mengurangi nilai iklan, dan kepada khalayak yang menyaksikan sebagai warga negara yang baik untuk senantiasa mendukung pengusaha lokal dan produk dalam negeri dalam menaikan ekonomi negara sehingga produk dalam negeri tidak akan kalah saing dengan produk luar negeri. Kata Kunci : Representamen, Objek, Interpretan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:46
Last Modified: 04 Mar 2023 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62492

Actions (login required)

View Item View Item