PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 067 Nilem Kota Bandung Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan)

SALEH, PRATAMA IHSAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 067 Nilem Kota Bandung Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Sunda.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan peserta didik yang diajar mengguakan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 067 Nilem Bandung Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik “Non Probability Sampling Purposive Sampling” Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal pretest-posttest, obervasi dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian menyatakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS 16 for Windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar sebesar Y = 40.917+0.526X yang berarti setiap kenaikan 1% pada penggunaan strategi pembelajaran CTL akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,526 pada hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ) terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 31%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran CTL dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 31% dengan kriteria rendah. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:23
Last Modified: 20 Feb 2023 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62406

Actions (login required)

View Item View Item