PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Puspita, Sri, 185060120 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI-1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN-1.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (457kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman peserta didik yang masih rendah terhadap materi pelajaran, contohnya pada materi IPA. Hal itu disebabkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan model pembelajaran, sehingga peserta didik hanya mendengarkan dan menyimak yang disampaikan oleh guru. Selain itu, peserta didik menjadi pasif yang menyebabkan suasana kelas menjadi membosankan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui media animasi powtoon terhadap kemampuan pemahaman siswa sekolah dasar. penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VA dan kelas VB SDN 259 Griya Bumi Antapani yang masing-masing sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu pretest dan posttest berupa essay sebanyak 7 butir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji effect size, dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa di kelas eksperimen rata-rata nilai pretest peserta didik sebelum diberikan perlakuan sebesar 55,38 dan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kontekstual melalui media animasi powtoon menjadi meningkat yaitu rata-rata nilai posttest peseta didik sebesar 91,54. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran kontekstual melalui media animasi powtoon terhadap kemampuan pemahaman siswa sekolah dasar di SDN 259 Griya Bumi Antapani. Dapat dilihat dari hasil uji N-gain bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kontekstual melalui media animasi powtoon terlihat dari pembagian skor N-gain atau indeks gain yaitu sebesar 81% atau 0,81 dan termasuk kategori sangat tinggi karena uji N-gain > 0,7. Data lain dilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 1,76 dan termasuk ke dalam kategori effect sangat tinggi karena > 1,00. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model pembelajaran kontekstual melalui media animasi powtoon sangat berpengaruh tinggi terhadap kemampuan pemahaman peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran kontekstual, media animasi powtoon, Kemampuan pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:10
Last Modified: 08 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62078

Actions (login required)

View Item View Item