PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Prasetyo, Wisnu Aji, 185060088 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan fix.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Inggris.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Budaya literasi di Indonesia menjadi masalah yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah, belum membudaya, serta belum mendarah daging dikalangan masyarakat. Ditengah melesatnya budaya terkenal, buku tidak pernah lagi sebagai prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih praktis menyerap budaya berbicara dan mendengar, dari pada membaca lalu menuangkannya pada bentuk tulisan. Metode penelitian adalah sebuah pengajaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbanganpertimbangan logis, untuk dapat memperoleh inter relasi yang sistematis dari faktafakta sebagai suatu usaha mendapatkan penjelasan, penemuan, dan kebenaran atas permasalahan. Dengan metode penelitian, pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam rangka mencari pengetahuan atas suatu kebenaran akan mudah dijawab. Berdasarkan hasil yang sudah peneliti analisis pada data terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa menggunakan uji N-gain Score pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa dalam hasil uji N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,34654 atau 75,5% sedangkan pada kelas kontrol nilai rataratanya yaitu -6,5109.Adapun nilai maksimal pada kelas eksperimen yaitu 100,00 sedangkan kelas kontrol nilai maksimal yang didapat 31,25. Terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa. Yang terlihat dari hasil perhitungan menggunakan uji descriptive yang dapat dillihat nilai rata-rata pretest dengan kelas eksperimen sebesar 41,25 dan nilai pada posttest kelas eksperimen sebesar 86,00 sedangkan untuk pre test kelas kontrol sebesar 63,00 dan untuk nilai posttest di kelas kontrol sebesar 64,00. Kata kunci: Problem Based Learning, literasi dan numerasi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:31
Last Modified: 02 Feb 2023 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62050

Actions (login required)

View Item View Item