PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN 256 Cigondewah Hilir Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

PUTRI,TRI HARDIANI, 185060020 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SDN 256 Cigondewah Hilir Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kualitas kemampuan berpikir kritis siswa masih menjadi permasalahan yang kerap terjadi. Hal itu terjadi dari kebiasaan belajar yang masih bersifat tekstual dan penggunaan model pembelajaran konvensional. Oleh, karena itu penulis tertarik untuk mencoba meneliti penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan peneliti ialah penelitian Kuasi Eksperimen yang dilaksanakan di SD Negeri 256 Cigondewah Hilir, Kelurahan Cigondewah Rahayu Kota Bandung. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas 5A dan 5B dengan jumlah siswa 25 orang tiap kelasnya. Pada penelitian ini kelas 5B bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas 5A sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan pengujian melalui tes. Tes tersebut terdiri dari Pre-test dan Post-test yang dilakukan pada masingmasing kelas yang menjadi subjek penelitian. Setelah mendapatkan data hasil tes tersebut, maka peneliti melakukan analisis guna menunjukkan hasil penelitian dengan uji hipotesis. Dari hasil hitungan yang dilakukan didapatkan nilai yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan LKPD berbasis PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti faktor lain yang berpengaruh pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu berasal dari konten yang dimuat pada LKPD yang berisi pertanyaan serta persoalan yang disertai dengan gambar untuk dicari pemecahan masalahnya. Kemudian hasil yang didapat pada rata-rata nilai post-test kelas eksperimen juga lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:24
Last Modified: 30 Jan 2023 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62037

Actions (login required)

View Item View Item