(Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 119 Cijagra Kecamatan Lengkong Kota Bandung)

DINIYAH,SAFIRA NANDA ZAHRATUL, 155060120 (2023) (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 119 Cijagra Kecamatan Lengkong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penggunaan model kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 119 Cijagra pada subtema Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh. Dalam masalah penelitian ini didasari oleh hasil belajar yang belum mencapai hasil yang maksimal, Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, dan siswa mudah teralihkan konsentrasinya, sehingga siswa kurang fokus dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Berdasarkan pelaksanaan yang telah dilakukan sebanyak 3 siklus, secara keseluruhan mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari : pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 100%, siklus II mencapai 96%, dan siklus III mencapai 100%. Kedua adanya peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 92%, siklus II mencapai 92%, dan siklus II mencapai 96%. Ketiga peningkatan hasil belajar pada aspek afektif sikap disiplin siklus I mencapai 26%, siklus II mencapai 79%, dan siklus III 93%. Keempat adanya peningkatan aspek afektif sikap tanggung jawab siklus I mencapai 59%, siklus II mencapai 72%, dan siklus III mencapai 93%. Kelima adanya peningkatan aspek kognitif siklus I mencapai 35%, siklus II mencapai 70%, dan siklus III mencapai 100%. Dan keenam adanya peningkatan psikomotor keterampilan mengomunikasikan siklus I mencapai 29%, siklus II mencapai 70%, dan siklus III 81%. Dapat disimpulkan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Talking stick, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:10
Last Modified: 30 Jan 2023 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62035

Actions (login required)

View Item View Item