PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK (Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Inflasi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 8 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

Fauziyah, Alfiya (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK (Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Inflasi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 8 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen serta teknik pengumpulan data berupa instrumen tes uraian. Perhitungan dalam pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 24 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian memperoleh rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 13,44 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 21,03, sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol 9,19 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 15,47. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis terhadap data-data yang terkumpul dari instrumen tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 8 Bandung, hal tersebut karena terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning. 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol yang diberi perlakuan model Discovery Learning. Diharapkan guru lebih kreatif lagi dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai serta mendukung proses pembelajaran peserta didik yang salah satunya adalah model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik serta peserta didik lebih aktif lagi selama proses pembelajaran berlangsung dan lebih berani untuk menyampaikan pendapatnya dari apa yang sudah dipahami saat pembelajaran. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:16
Last Modified: 05 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61983

Actions (login required)

View Item View Item