PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

Purnama, Gilang Ramandhika, 185020041 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two stay two stray pada kelas Experimen X IPS 1 dan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation pada kelas kontrol X IPS 3 di SMA Pasundan 1 Bandung? (ii) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two stay two stray kelas X IPS 1 dan menggunakan model pembelajaran group investigation kelas X IPS 3di SMA Pasundan 1 Bandung? (iii) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Pasundan 1 Bandung?. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan Teknik pengumpulan data berupa posttest dan pretest. Hasil penelitian menunjukan: (i) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kelas eksperimen mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Pasundan 1 Bandung terlaksana dengan baik. (ii) Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, terlihat pada perolehan rata-rata nilai pada kelas eksperimen dari nilai 55,00 menjadi 85,65 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata dari 50,94 menjadi 66,25 yang artinya kedua kelas tersebut memiliki perbedaan hasil belajar. (iii) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan hasil ini dapat disimpulkan hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan metode kooperatif dengan menggunakan tipe Two Stay Two Stray pada kelas eksperimen, sementara itu hasil dari effect size yang memperoleh hasil sebesar 54,3% yang merupakan kategori moderat/sedang, selebihnya 45,7% dipengaruhu faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti faktor eksternal, serta lingkungan keluarga dan lain sebagainya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Dec 2022 06:22
Last Modified: 03 Dec 2022 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61856

Actions (login required)

View Item View Item