PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah)

SHADIPTA, SYAEFIANI ESA, 185060113 (2022) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
17. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah, Tamansari Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas IV menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada materi tema 1 “Indahnya Kebersamaan” subtema 2 “Kebersamaan dalam Keberagaman” kurang. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah, dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbantuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang diberikan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36,25, dan rata-rata posttest sebesar 74,89. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 34,21, dan rata-rata posttest sebesar 54,21. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi tema 1 “Indahnya Kebersamaan” subtema 2 “Kebersamaan dalam Keberagaman” yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:19
Last Modified: 23 Nov 2022 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61708

Actions (login required)

View Item View Item