IDRIS, MUHAMAD, 185060112 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V di SDN Cipacing, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ..pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB V..pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena yang terjadi di SDN Cipacing, kurangnya minat belajar siswa, siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru, siswa belum mencapai kemampuan berpikir kritis yang optimal. Guru menggunakan satu model pembelajaran dan belum menggunakan model Problem Based Learning (PBL), pembelajaran monoton yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya keterampilan berpikir siswa (penalaran, komunikasi, dan koneksi) dalam memecahkan masalah adalah pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Metode penelitian yang diigunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Grup Design. Teknik pengumpulan data melalui tes yang digunakan berupa Pretest-Posttest yang dijadikan sebagai hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning sedangkan kelas VB menjadi kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction (DI). Teknik pengolahaan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel T test, uji N-Gain yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 20. Berdarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kontrol dengan nilai signifikan 0,003 melalui uji paired sample T test, terdapat peningkatan di kelas eksperimen sebanyak 57% dengan kategori cukup baik, sedangkan 3,1% di kelas kontrol dengan kategori tidak efektif melalui uji NGain. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning) dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:24 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61119 |
Actions (login required)
View Item |