PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PUNTANGSARI DI KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Puntangsari pada Muatan Pelajaran PPKn Tahun Ajaran 2022/2023)

HIDAYAT, RAHMAT TAUFIK, 185060062 (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PUNTANGSARI DI KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Puntangsari pada Muatan Pelajaran PPKn Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendah hasil belajar siswa kelas V SDN Puntangsari di karenakan proses pembelajaran masih menggunakan model Direct Instruction (DI) belum dapat mengkomodir perbedaan individu, terlebih lagi siswa yang sering teralihkan perhatian nya karena tidak fokus terhadap pembelajaran sehingga proses pembelajaran cenderung berorientasi pada metode imposisi yaitu ketika pembelajaran berlangsung, guru hanya menyampaikan materi pelajaran dengan cara menuangkan hal-hal yang dianggap penting oleh guru bagi siswa. Cara ini tidak mempertimbangkan apakah bahan pelajaran yang di berikan sesuai atau tidak dengan kesanggupan, kebutuhan dan minat siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran salah satunya menggunakan model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning menggunakan Google Classroom terhardap hasil belajar siswa di kelas V SDN Puntangsari. Metode penelitian yang di gunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain One group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang di gunakan berupa pretest dan posttest yang di jadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction (DI) sedangkan kelas VB menjadi kelas eksperimen menggunakan model Blended Learning dengan Google Classroom. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired samples T test, Uji N-gain yang di bantu dengan software IBM SPSS Statistic 20. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan model Blended Learning menggunakan Google Classroom dan gambaran proses pembelajaran Direct Instruction (DI), terdapat perbedaan hasil belajaran antara kelas eksperimen dengan kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 melalui uji paired samples T test, terdapat peningkatan di kelas eksperimen sebanyak 58,7% dengan kategori cukup efektif, sedangkan 3,8% di kelas kontrol dengan katergori tidak efekti melalui uji N-gain. Dengan demikian model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom memberikan pengaruh dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Puntangsari. Kata Kunci : Blended Learning Google Classroom, Hasil Belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:42
Last Modified: 11 Nov 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61114

Actions (login required)

View Item View Item