PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SDN Padasuka 04)

OKTAVIANY, SISKA DWI, 185060078 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SDN Padasuka 04). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya siswa dalam belajar menggunakan pembelajaran konvensional dan rendahnya penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada saat menggunakan media audio visual dengan tanpa menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN PADASUKA 04 serta pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN PADASUKA 04. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelas kontrol maupun eksprimen melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan model pembelajaran yang digunakan. Dikarenakan kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda, maka hasil yang diperooleh pun berbeda. Terdapat perbedaan dan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan media audio visual dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji Independent Sample T tes yang dilihat dari equal variances assumed pada Sig. (2-tailed) dengan nilai sebesar 2.765 > 2.021 (t tabel) dan nilai Sig. 0.013 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran audio visual dengan yang menggunakan media pembelajaran media audio visual. Dari data yang diperoleh dan dianalisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa, yang artinya media audio visual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 2,3% sedangkan 97,7 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan media visual siswa lebih aktif dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran secara konvensional di kelas V SDN Padasuka 04. Kata Kunci: Hasil belajar, Media audio visual

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:57
Last Modified: 09 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item