MUSLIMAH, FANNY HANIFA, 185030068 (2022) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL TEMUKAN AKU DALAM ISTIKHARAHMU KARYA ADI RUSTANDI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI KELAS XII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK FULL_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
11. BAB IV_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA_Fanny Hanifa Muslimah (185030068).pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh, psikologi pengarang, unsur penokohan, unsur ekstrinsik, sampai kepada relevasinya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra pada novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya Adi Rustandi. Dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian deskriptif kualitatif, hasil dari data berupa kata-kata dan dideskripsikan secara teliti dan analisis. Sumber data pada penelitian ini ialah novel Temukan aku dalam Istikharahmu karya Adi Rustandi, wawancara dengan penulis, beberapa buku sumber, jurnal terkait, dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini berupa struktur kepribadian tokoh dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu dengan jumlah Id, Ego, dan Superego, unsur psikologi pengarang pada saat menulis karyanya, unsur penokohan berupa protagonis, antagonis, dan tritagonis, dan unsur ekstrinsik berupa latar belakang penulis, latar belakang masyarakat, sampai nilai-nilai kehidupan. Selanjutnya, hasil analisis disesuaikan dengan tuntunan Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel, dan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Modul Pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik kelas XII dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai materi Teks Novel. Kata Kunci: Analisis, psikologi sastra, struktur kepribadian tokoh, novel, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 07:52 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61010 |
Actions (login required)
View Item |