ANALISIS NILAI NILAI KARAKTER DALAM KESENIAN TARLING DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KEWARGANEGARAAN (CIVIC CULTURE) (Studi Kasus pada Grup Tarling Putra Sangkala Cirebon Jawa Barat)

ALFIANSYAH, AZIS, 185010024 (2022) ANALISIS NILAI NILAI KARAKTER DALAM KESENIAN TARLING DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA KEWARGANEGARAAN (CIVIC CULTURE) (Studi Kasus pada Grup Tarling Putra Sangkala Cirebon Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui nilai karekter yang terdapat didalam kesenian tarling dalam proses menumbuhkan budaya kewarganegaraan masyarakat. Penelitian ini didasari oleh kepedulian penulis terhadap kesenian daerah yakni kesenian tarling yang semakin hari semakin kehilangan nilai budaya, karena tergerus akan budaya luar yang semakin berkembang di Indonesia, sehingga penulis ingin nilai budaya yang terkandung dalam kesenian tarling agar terus tetap dilestarikan dan menjadikan nilai budaya pada kesenian tarling dapat menjadi nilai karakter yang dapat diterapkan pada masyarakat melalui civic culture yang tercermin dari kebudayaan dan seni. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan mengunakan metode pungumpulan data dengan proses wawancara dengan narasumber yang sudah ditentukan, observasi, serta menggunakan penyebaran angket yang dibagian pada masyrakat sekitar sanggar tarling. Penelitian ini menunjukan beberapa hal, yang diantaranya : (1) Nilai karakter yang terdapat pada kesenian tarling itu merupakan salah satu representasi dari kehidupan masayrakat indramayucirebon, dimana nilai budaya yang terkandung dalam kesenian tarling itu merupakan cerminan dari pola tingkah laku masyarkat, yakni bagaimana cara masyarakat bersikap, masyarakat menggunakan kebudayaan sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat, seperti yang terdapat pada syair lirik lagu, wangsalan, dan drama tarling yang ada pada kesenian tarling. (2) menumbuhkan budaya kewarganegaran pada masyarkat melalui nilai karakter yang terdapat pada kesenian tarling melalui internalisasi nilai gotong royong, kebersamaan, disiplin, dan cinta tanah air yang diterapkan pada masyarkat, sehingga dapat membentuk identitas bangsa melalui kebudayaan lokal. (3) budaya kewarganegaraan dapat diwujudkan melalui ide dan inovasi yang sesuai dengan kondisi zaman dengan kesenian tarling sebagai perantara, karena kebudayaan merupakan salah satu hasil cipta masyarakat yang diwariskan secara turun menurun kepada masyarkat yang dijadikan sebagai identitas masyarakat. Kata Kunci : Kesenian tarling, Nilai Karakter, Budaya Kewaraganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:42
Last Modified: 09 Nov 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61008

Actions (login required)

View Item View Item