PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ISLAMI, MIA NUR, 185030056 (2022) PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_removed.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks biografi yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak tepat sehingga penulis memberikan salah satu alternatif dengan menerapkan metode quantum writing pada pembelajaran menulis teks biografi. Rumusan masalah yang telah dibuat penulis adalah: kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode quantum writing, keefektifan metode quantum writing dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X SMA Pasundan 7, perbedaan kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi dengan menggunakan metode quantum writing dengan menggunakan metode diskusi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi menggunakan metode quantum writing, menguji keefektifan metode quantum writing dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X SMA Pasundan 7, menguji perbedaan kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi dengan menggunakan metode quantum writing dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 20 orang. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 berada pada kategori baik sekali. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretest sebesar 22,8 dan rata-rata postestnya sebesar 68,4. Metode quantum writing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi. Selain itu, metode quantum writing signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistika dengan uji-t yang menunjukkan thitung 126 > ttabel 2,093. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh metode quantum writing dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X. Kata Kunci : Menulis, Teks biografi, Quantum writing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:24
Last Modified: 08 Nov 2022 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60942

Actions (login required)

View Item View Item