PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 CIMENYAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MEYLANI, ZHAZHA, 185030047 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 CIMENYAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis terlebih menulis teks persuasi. Hal ini disebabkan karena pendidik kurang bervariasi dalam memilih model pembelajaran, sehingga membuat peserta didik kurang berminat serta merasa bosan sehingga menyebabkan kemampuan menulis menjadi kurang. Rumusan masalah yang disusun oleh penulis yaitu kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi, keefektifan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan menulis teks persuasi, dan perbedaan kemampuan peserta didik menulis teks persuasi menggunakan model probing prompting di kelas eksperimen dan model direct instruction di kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk menguji peserta didik dalam menulis teks persuasi, menguji keefektifan model probing prompting terhadap kemampuan menulis teks persuasi, dan menguji perbedaan kemampuan menulis teks persuasi menggunakan model probing prompting di kelas eksperimen dan model direct instruction di kelas kontrol. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, tes, dan uji coba. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cimenyan, dengan menggunakan dua kelas sebagai eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasi peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cimenyan berada pada kategori baik. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretest sebesar 53,60 dan posttest sebesar 77,20. Dengan demikian, model probing prompting efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi. Selain itu, model probing prompting signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian, model probing prompting efektif dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII. Kata Kunci : Model pembelajaran, probing prompting, menulis, teks persuasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:17
Last Modified: 08 Nov 2022 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60940

Actions (login required)

View Item View Item