PERAN ASEAN WOMEN ENTREPRENEURS NETWORK (AWEN) EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI ASEAN PERIODE 2015-2020

Salsha Nurmala Febrianti, 182030024 (2022) PERAN ASEAN WOMEN ENTREPRENEURS NETWORK (AWEN) EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI ASEAN PERIODE 2015-2020. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

Masalah penelitian ini bermula dari banyaknya pengusaha perempuan yang sukses mendirikan usaha/bisnisnya, khususnya di Indonesia. Lalu pengusaha-pengusaha perempuan di negara ASEAN lainnya yang sedang merintis bisnis kecilnya, maupun yang sedang menjalankan UMKM-nya yang disebabkan oleh ide-ide kreatifitas yang direalisasikan. Hal ini membuat organisasi ASEAN berinisiatif membentuk ASEAN Women Entrepreneur’s Network (AWEN) dengan tujuan mendukung pengusaha-pengusaha perempuan di wilayah ASEAN. Organisasi ASEAN merasa bahwa dengan adanya meningkatnya jumlah pengusaha perempuan di wilayah ASEAN, membuat perekonomian di beberapa negara ASEAN meningkat khususnya di bidang ekonomi kreatif. Dalam hal ini peran dan kontribusi ASEAN Women Entrepreneur’s Network (AWEN) diperlukan demi memberikan dukungan dan solusi jangka panjang yang efektif untuk membantu pengusaha-pengusaha perempuan untuk meningkatkan perekonomian di negara-negara ASEAN. Skripsi ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis Peran ASEAN Women Entrepreneur’s Network (AWEN) dalam meningkatkan perekonomian ekonomi kreatif di wilayah ASEAN dan dampaknya yang terjadi kepada perekonomian di kawasan ASEAN. Kegunaan dari riset ini merupakan buat menaikkan pengetahuan mengenai terdapatnya peran lembaga wanita pengusaha (AWEN) dalam ekonomi kreatif di kawasan ASEAN dan apa yang menjadi latar belakang dalam peningkatan perekonomian di kawasan ASEAN serta kebijakan dan tindakan yang diambil pemerintah dalam mendukung pengusaha-pengusaha kecil khususnya perempuan di ASEAN. Penelitian ini juga sebagai salah satu tanggung jawab dalam menempuh program riset S-1 dengan membuat sesuatu buatan objektif yang jadi salah satu ketentuan kelulusan pada program riset Ilmu Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Pasundan. Filosofi yang dipakai selaku kerangka berasumsi dalam menganalisa kejadian itu merupakan neoliberalisme institusional. Dengan menggunakan metode kualitatif akan jadi cara riset yang dipakai dalam tulisan ini. Metode pengumpulan informasi dicoba melewati riset pustaka dengan mencari informasi yang berasal dari buku, postingan dalam harian, serta informasi sah informasi daring. ASEAN Women Entrepreneur’s Network (AWEN) telah menjalankan perannya dan keikutsertaannya dalam memberikan dukungan serta mempermudah jalan bagi pengusaha-pengusaha perempuan di wilayah ASEAN dalam memperkenalkan UMKM-nya ke kancah global dan internasional. Kontribusi AWEN antara lain, menciptakan forum regional untuk wirausaha wanita ASEAN buat memberi data, wawasan serta pengalaman tentang kebijaksanaan, area bidang usaha, pemodalan, serta isu-isu sosial politik dan akibatnya terhadap kesempatan bidang usaha. Meskipun dalam perjalanannya sering tidak mencapai target ekonomi kreatif yang sudah ditetapkan, akan tetapi AWEN dapat mengatasinya dengan baik. Kata kunci: Women Entrepreneurs, AWEN, Peran AWEN.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:34
Last Modified: 07 Nov 2022 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60857

Actions (login required)

View Item View Item