PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE AJJI (AMATI JARING JARING IDE) PADA PESERTA DIDIK KELAS X MUALLIMIEN PERSATUAN ISLAM 31 BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

HUMAIRA, SITI AZHAARA, 185030011 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE AJJI (AMATI JARING JARING IDE) PADA PESERTA DIDIK KELAS X MUALLIMIEN PERSATUAN ISLAM 31 BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Sampul.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi serta kreatif dapat membuat peserta didik lebih aktif dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu metode kreatif yang dapat digunakan yakni metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode AJJI pada peserta didik kelas X Muallimien Persatuan Islam 31 Banjaran; untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X Muallimien Persatuan Islam 31 Banjaran dalam menulis puisi sesuai dengan unsur pembangunnya; untuk menguji keefektifan metode AJJI dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X Muallimien Persatuan Islam 31 Banjaran; dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode AJJI dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh berupa pretest dan posttest peserta didik baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun data hasil penelitian ini: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi menggunakan metode AJJI dengan ratarata nilai perencanaan 3,6 dan rata-rata nilai pelaksanaan 4, termasuk pada kategori Baik Sekali. 2) Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 41,56 (kategori cukup) menjadi posttest 84,68 (kategori baik sekali), 3) Model pembelajaran AJJI efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian MannWhitney yang mengungkapkan hasil sig. 0,014 < 0,05. 4) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan pemaparan di atas maka metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam menulis teks puisi. Kata Kunci: metode pembelajaran, AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide), menulis, puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:31
Last Modified: 05 Nov 2022 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60844

Actions (login required)

View Item View Item