PENGARUH MEDIA VIDEO INSPIRATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS V SD ALGHOZALI

HAYA, RISA ROSYIDATUL, 185060051 (2022) PENGARUH MEDIA VIDEO INSPIRATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS V SD ALGHOZALI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak peserta didik di SD Al-Ghozali, Biru, Malajalaya, Bandung, dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta kurangnya media yang digunakan guru dalam mengajar. Guru belum bisa dalam mengaplikasikan media pembelajaran, sehingga mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya keterampilan menyimak pada peserta didiknya. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media video pembelajaran. Karena pada dasarnya peserta didik akan lebih mengerti jika cerita yang dibawakan lebih nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video kisah inspiratif terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas V SD AlGhozali. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes yng digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data keterampilan menyimak peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas control yang menggunakan media pembelajaran PPT, dan VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berupa video. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji effect size dan uji N-Gain, dengan menggunakan software IBM SPSS Statistc 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran pada kelas yang menggunakan media video dan kelas yang menggunakan PPT. terdapat perbedaan keterampilan menyimak pada kedua kelas tersebut, hal ini diketahui dengan nilai berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6.707, dengan signifikansi sebesar 0.00. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dan dari hasil uji N-Gain menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 62.3% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, media video kisah insiratif memberikan pengaruh terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Kata Kunci: Media Video Kisah Inspiratif, Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:26
Last Modified: 05 Nov 2022 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60843

Actions (login required)

View Item View Item