PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN METODE CHAIN WRITING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWADAYA KARYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

HERDI, ESTI MARINDA (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN METODE CHAIN WRITING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWADAYA KARYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
8.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
9.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
10.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran dan rendahnya kemampuan menulis teks negosiasi yang dialami oleh peserta didik. Penggunaan metode dalam pembelajaran sangat membantu untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar dalam keterampilan menulis dan ketercapain tujuan belajar yang akan diraih oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode chain writing, mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks negosiasi, mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode chain writing sebagai kelas eksperimen dan menggunakan metode diskusi sebagai kelas kontrol, dan keefektifan metode chain writing. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis ialah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Data yang diperoleh adalah hasil pretest dan posttest dari kelas X SMA Swadaya Karya sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol serta sebagai subjek dalam penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh penilaian perencanaan dengan rata-rata 3,7 dan penilaian pelaksanaan sebesar 36,5. Kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode chain writing pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 56,10 dan mengalami peningkatan hasil posttest sebesar 81,90. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks negosiasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen mendapat nilai posttest rata-rata 81,90 dan untuk kelas kontrol mendapat nilai posttest dengan rata-rata 64,00. Metode chain writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dibandingkan dengan metode diskusi, hal ini bisa dibuktikan dengan hasil output uji Mann Whitney dengan perolehan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) 0,001, berdasarkan ketentuan dasar bahwa nilai Asymp.Sig. < 0,05 maka hipotesis diterima dan metode chain writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Kata Kunci: Menulis, Teks Negosiasi, Metode Chain Writing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:07
Last Modified: 04 Nov 2022 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60707

Actions (login required)

View Item View Item