PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI TEMA 1 SUBTEMA 2 SD NEGERI 070 PASIRLUYU

SAPITRI, YANTI, 185060056 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI TEMA 1 SUBTEMA 2 SD NEGERI 070 PASIRLUYU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Tema 1 Subtema 2 SDN 070 Pasirluyu, Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Desain penelitian yakni 'non-equivalent control group design'. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian Kelas IVA sebagai kelas kontrol yang pembelajaran menggunakan metode konvensional dan Kelas IVC sebagai kelas eksperimen kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peneliti menggunakan tes pilihan ganda. Terdiri dari 10 soal yakni soal pretest dan posttest meliputi aspek kognitif dan lembar observasi untuk melihat kemunculan sikap berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,454 lebih besar dari ttabel dan derajat kebebasan (dk) 42 signifikansi 0,05 maka diperoleh nilai ttabel = 2,021 disimpulkan Ha diterima yaitu “ adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi tema 1 subtema 2 di SDN 070 Pasirluyu”. Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa , Tema 1 Subtema 2 Kelas IV

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:41
Last Modified: 03 Nov 2022 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60671

Actions (login required)

View Item View Item