Alfiani, N. Nurlita, 185060091 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN GENERASI MUDA 01 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan fixx.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara peserta didik masih rendah di SDN Generasi Muda 01, dikarenakan rasa tidak percaya diri dan adanya kecemasan perserta didik terhadap penampilannya dalam berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN Generasi Muda 01. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Teknik untuk mengumpulkan data yang dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa Pretest dan Postest yang dijadikan sebagai data keterampilan berbicara peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajan konvensional, dan IVB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t, dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 20. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan keterampilan berbicara pada kedua kelas tersebut, hal ini diketahui dengan nilai berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6.134 dengan signifikan sebesar 0.00. Nilai signifikan yang menunjukkan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:22 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60650 |
Actions (login required)
View Item |