KARLINA, ALIN, 185030129 (2022) KETERBACAAN BAHAN AJAR SMA/SMK KELAS X PADA BAB VIII MENDALAMI PUISI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER DEPAN.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
1. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
8.BAB II.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
10. BAB 1V.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di sekolah tak jarang masih ditemukannya suatu kendala memahami sebuah materi dalam bahan ajar. Berdasarkan data yang didapatkan oleh peneliti terkait dengan buku teks Bahasa Indonesia kelas X edisi revisi 2017, khususnya mengenai materi mendalami puisi pada bab VIII bahwa peserta didik mengalami kesukaran dalam memahami isi dari diksi yang dituangkan dalam baitbait puisi dan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyimpulkan makna keseluruhan dari diksi yang terdapat dalam teks puisi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan dan mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks puisi pada buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017, serta mendeskripsikan relevansi teks puisi kelas X terhadap pemahaman siswa. Deskriptif kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam proses penelitian ini. Analisis keterbacaan menggunakan rumus grafik Fry, wacana teks puisi J1 “Sajak Anak Muda” (W. S. Rendra) berada pada kelas pembaca 8, kode J2 “Doa” (Chairil Anwar) masuk pada kelas pembaca 4, kode J3 “Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera Itu” (Aming Aminoedin) masuk dalam kelas pembaca 8, kode j4 “Sajak Matahari” (W. S. Rendra) berada pada kelas pembaca 7, kode J5 “Ibu” (D. Zamawi Imron) berada pada kelas pembaca 8. Masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam memahami dan masih mengalami kesukaran dalam menyimpulkan teks puisi yang disajikan. Hal demikian dianggap tidak relevan dengan hasil analisis keterbacaan yang didapatkan, karena berdasarkan hasil analisis indeks keterbacaan lima teks puisi yang disajikan tersebut adalah rendah, dan menunjukkan bahwa daerah pembacanya berada pada tingkatan kelas pembaca 7, 8, dan 9 SMP/MTs sederajat yang artinya berada di bawah kelas 10. Kata kunci: Keterbacaan, Buku Teks, Grafik Fry
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60629 |
Actions (login required)
View Item |