PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN MAWAR SHARON

FARHAN SUNGE, 162040042 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN MAWAR SHARON. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
daftar isi.docx

Download (30kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (30kB)
[img] Text
cover.docx

Download (148kB)
[img] Text
kata pengantar.docx

Download (33kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (28kB)
[img] Text
abstrack 3 bahasa.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)

Abstract

Fenomena maraknya kehadiran jasa kuliner semakin berkembang dengan pesat. Salah satu dari restoran di Gorontalo yang menyediakan jasa kuliner tersebut adalah Restoran Mawar Sharon. Berdasarkan penelitian di Restoran Mawar Sharon, peneliti menemukan masalah dalam perkembangan bisnisnya yaitu masih saja terdapat konsumen yang kurang puas berdasarkan data jumlah konsumen Restoran bulan Januari – Agustus dari total 613 konsumen Restoran Mawar Sharon masih memiliki 40 job return, hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya evaluasi restoran dalam melayani konsumen terlebih dari faktor kualitas pelayanan. Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Mawar Sharon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, penelitian survey, dan penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa Observasi, wawancara dan penyebaran angket kepada 86 orang respoden. Untuk analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Restoran Mawar Sharon, untuk koefisien determinasi ditemukan bahwa 69,7% variasi variabel kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan. Kaitannya dengan kepuasan pelanggan memiliki 30,3% faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Restoran Mawar Sharon mengalami hambatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, dibuktikan dengan masih terdapat konsumen yang merasa kurang dalam penyediaan tempat yang bersih dan nyaman serta tata letak restoran. namun secara keseluruhan tidak adanya terdapat hambatan yang begitu besar sehingga dapat membuat angka penjualan di Restoran Mawar Sharon menurun. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu agar pihak Restoran meningkatkan dan memperhatikan kualitas pelayanan yang selama ini diberikan kepada pelanggan meskipun dalam skala yang kecil atau hanya sedikit konsumen yang kurang puas agar menjadikan semua konsumen Restoran puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2019
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:22
Last Modified: 02 Nov 2022 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60569

Actions (login required)

View Item View Item