Aprila, Annisa Najmi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD ISLAM AL-AMANAH CINUNUK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk mengetahui dampak model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia Kelas 3 SD Islam AlAmanah.Penelitian ini menggunakan metode Quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dalam kelas eksperimen dan 21 siswa dalam kelas kontrol. Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Kontrol 3 Al-Khazarizmi sebanyak 21 peserta didik berdasarkan hasil pretest dan postest bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest ke postest ketika menggunakan metode pembelajaran CTL. Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Kontrol 3 Al-Batani sebanyak 21 peserta didik berdasarkan hasil pretest dan postest bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest ke postest ketika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji independent samples t test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil post-test peserta kelas 3 SDN Islam AlAmanah tahun ajaran 2022/2023. Kesimpulan penelitian dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% dan nilai Sig. < 0.05. Nilai t tabel dengan df = n-1 dimana n adalah jumlah sampel yaitu 21, maka t tabel adalah 2.086. diperoleh nilai t hitung sebesar 4,080 > 2.005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0.000 (Sig.0.000 < 0.05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan pada skor posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menjelaskan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada skor posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60483 |
Actions (login required)
View Item |