PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD ISLAM AL-AMANAH CINUNUK KABUPATEN BANDUNG

Aprila, Annisa Najmi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD ISLAM AL-AMANAH CINUNUK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti bermaksud untuk mengetahui dampak model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia Kelas 3 SD Islam AlAmanah.Penelitian ini menggunakan metode Quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dalam kelas eksperimen dan 21 siswa dalam kelas kontrol. Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Kontrol 3 Al-Khazarizmi sebanyak 21 peserta didik berdasarkan hasil pretest dan postest bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest ke postest ketika menggunakan metode pembelajaran CTL. Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Kontrol 3 Al-Batani sebanyak 21 peserta didik berdasarkan hasil pretest dan postest bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan dari pretest ke postest ketika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji independent samples t test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil post-test peserta kelas 3 SDN Islam AlAmanah tahun ajaran 2022/2023. Kesimpulan penelitian dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% dan nilai Sig. < 0.05. Nilai t tabel dengan df = n-1 dimana n adalah jumlah sampel yaitu 21, maka t tabel adalah 2.086. diperoleh nilai t hitung sebesar 4,080 > 2.005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0.000 (Sig.0.000 < 0.05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan pada skor posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menjelaskan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada skor posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:04
Last Modified: 01 Nov 2022 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60483

Actions (login required)

View Item View Item