PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas III SD Negeri 031 Pelesiran Bandung

DWILESTARI, DERA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas III SD Negeri 031 Pelesiran Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan guru yang monoton menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 031 Pelesiran Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2022 sampai dengan 30 Agustus 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan sampel berjumlah 20 orang yaitu kelas IIIA SDN 031 Pelesiran Bandung. Kelompok eksperimen melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai thitung sebesar 2302 >2.085 ttabel. Kemudian dilakukan uji effect size, didapatkan nilai sebesar 0,70. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diberikan tindakan berupa penggunaan model Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:57
Last Modified: 01 Nov 2022 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60480

Actions (login required)

View Item View Item