PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF PADA SISWA KELAS XI SMK BUDI RAKSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YUSSUP, FIO FEBRIANSYAH (2022) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF PADA SISWA KELAS XI SMK BUDI RAKSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Sampul.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran pendidik dalam memilih serta menggunakan model pembelajaran yang tepat guna. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan peserta didik ketika di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan ialah model pembelajaran inovatif-progresif. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini tidak terlepas dari untuk menilai kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif-progresif pada pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inovatif-progresif pada pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; dan mengetahui perbedaan model pembelajaran inovatif-progresif dengan model pembelajaran discovery learning. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data yang diperoleh ialah data pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol dari kelas XI SMK Budi Raksa. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama menggunakan model pembelajaran inovatif-progresif dengan rerata 3,7 pada perencanaan dan 3,8 pada pelaksanaan; 2) kemampuan peserta didik meningkat, dengan nilai rerata pretest 30,50 menjadi 75,20 pada posttest; 3) model pembelajaran inovatif-progresif efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama, dengan nilai hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan hasil asymp sig. 0,000. Dalam uji Mann-Whitney; dan 4) terdapat perbedaan kemampuan peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ditemukan 2 nilai sama pada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran inovatif-progresif dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran. Kata Kunci: model pembelajaran, inovatif-progresif, teks drama.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:56
Last Modified: 28 Oct 2022 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60277

Actions (login required)

View Item View Item