YUSSUP, FIO FEBRIANSYAH (2022) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROGRESIF PADA SISWA KELAS XI SMK BUDI RAKSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Sampul.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar pengesahan skripsi.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (976kB) | Preview |
|
Text
9. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) |
||
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran pendidik dalam memilih serta menggunakan model pembelajaran yang tepat guna. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan peserta didik ketika di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan ialah model pembelajaran inovatif-progresif. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini tidak terlepas dari untuk menilai kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif-progresif pada pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inovatif-progresif pada pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama; dan mengetahui perbedaan model pembelajaran inovatif-progresif dengan model pembelajaran discovery learning. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data yang diperoleh ialah data pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol dari kelas XI SMK Budi Raksa. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama menggunakan model pembelajaran inovatif-progresif dengan rerata 3,7 pada perencanaan dan 3,8 pada pelaksanaan; 2) kemampuan peserta didik meningkat, dengan nilai rerata pretest 30,50 menjadi 75,20 pada posttest; 3) model pembelajaran inovatif-progresif efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama, dengan nilai hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan hasil asymp sig. 0,000. Dalam uji Mann-Whitney; dan 4) terdapat perbedaan kemampuan peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ditemukan 2 nilai sama pada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran inovatif-progresif dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran. Kata Kunci: model pembelajaran, inovatif-progresif, teks drama.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 07:56 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 07:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60277 |
Actions (login required)
View Item |