IMPLEMENTASI MODEL TRANSFORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP INDONESIA RAYA BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

KHOFIFAH, NUR (2022) IMPLEMENTASI MODEL TRANSFORMATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP INDONESIA RAYA BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan menulis terutama menulis cerita fantasi merupakan bagian dari sarana keterampilan berbahasa, namun permasalahan yang telah ditemukan di kelas VII SMP Indonesia Raya Bandung yaitu siswa tidak dapat mengasah kemampuan menulis sehingga kesulitan dalam menulis cerita fantasi murni hasil sendiri. Maka dari itu, dilakukanlah penelitian dengan menerapkan model transformatif. Sampel data kelas VII sebanyak 29 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Data diolah dengan SPSS-25, menggunakan rancangan metode kuantitatif eksperimen dengan model Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas tidak berdistribusi normal, maka uji hipotesis dapat ditentukan dengan statistik inferensial jenis nonparametrik. Pada uji homogenitas data siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol bersifat sama atau disebut homogen. Uji Wilcoxon membuktikan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan menulis cerita fantasi setelah menggunakan model transformatif. selain itu, berdasarkan uji mann whitney menghasilkan nilai 0,045<0,05 sehingga Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis ceita fantasi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan kata lain model transformatif terbukti efektif digunakan sebagai model pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerita fantasi. Kata Kunci: Cerita fantasi, kemampuan menulis, model transformatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:42
Last Modified: 28 Oct 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60272

Actions (login required)

View Item View Item