FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNPAS

Afriliani Jumaini, 182050041 (2022) FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNPAS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN).pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan Media Sosial TikTok di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS (Studi Fenomenologi Kualitatif Penggunaan Media Sosial TikTok Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas Bandung)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas, tindakan mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas dan makna mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas dalam menggunakan media sosial tiktok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi oleh Alferd Schutz. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi kepustakaan, wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menggunakan media sosial tiktok, pengguna memiliki tujuan yang berbeda – beda yaitu motif para pengguna sebagai sarana hiburan untuk diri mereka sendiri ketika sedang bosan dan sedih, selain itu sebagai media informasi dan adapun motif inroman yang lain untuk mengakutalisasi diri. Lalu tindakan yang dilakukan yaitu mereka berintraksi dengan sesame pengguna dan berkomunikasi melalui fitur yang disediakan oleh TikTok serta makna pada pengguna media sosial tiktok ini sebagai media sarana informasi wawasan pengetahuan yang luas dan juga wadah untuk mengekspresikan diri. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan agar para pengguna media sosial tiktok dapat menggunakannya dengan bijak seperti membuat konten kreatif untuk menambah wawasan serta dapat menggunakannya untuk kegiatan yang bermanfaat. Kata Kunci : Fenomenologi, Motif, Tindakan, Makna

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:50
Last Modified: 27 Oct 2022 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60126

Actions (login required)

View Item View Item