EFEKTIVITAS GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR (Guru Kelas III SDN 031 Pelesiran, Bandung) (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

ROZA, TIARA (2022) EFEKTIVITAS GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR (Guru Kelas III SDN 031 Pelesiran, Bandung) (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas guru kelas dalam pembelajaran tematik pada masa covid-19 di sekolah dasar, faktor yang menghambat guru kelas dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar, dan tantangan serta peluang apa yang guru dapatkan pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatkan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru Kelas III SDN 031 Pelesiran, Bandung. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tektik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuannya, dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan di kelas pada masa pandemi covid-19 ada beberapa faktor yang menjadi penghambat guru dalam proses pembelajaran, dimana guru tidak begitu bisa menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa, sehingga guru sering menggunakan metode ceramah dan juga dimana guru tidak mengelola kelas dengan baik, sehingga yang terjadi siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran berlangsung. Kemudian pada masa sekarang teknologi berkembang begitu cepat mengikuti zaman, sehingga untuk guru sangat susah dalam mengikuti perkembangan teknologi sekarang apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini, yang mengharuskan guru bisa lebih kreatif dalam hal menyampaikan sebuah materi pembelajaran tematik kepada peserta didik. Ada beberapa tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini, dimana guru diharuskan bisa lebih kreatif dalam menyampaikan materi, dan juga guru harus bisa mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran. Peluang yang di dapatkan dari tantangan tersebut yaitu guru bisa belajar untuk mengaplikasikan teknologi yang ada sekarang dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar, dimana guru juga bisa lebih kreatif dalam proses pemberian atau penyampaian materi itu sendiri. Kata kunci: Efektivitas, Guru Kelas, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:00
Last Modified: 26 Oct 2022 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60039

Actions (login required)

View Item View Item