RIZKI, SALMI FATHIA, 185030101 (2022) ANALISIS KESALAHAN ORTOGRAFI DALAM KUMPULAN FABEL REDAKSI KUMPARAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS VII SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Dalam fabel terdapat kebahasaan yang mengkaji mengenai ortografi atau ejaan yang masih minim dikuasai oleh pengguna bahasa khususnya peserta didik kelas VII. Adapun penelitian ini memiliki judul “Analisis Kesalahan Ortografi dalam Kumpulan Fabel Redaksi Kumparan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas VII SMP” yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ortografi pada kumpulan fabel Redaksi Kumparan dan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data dalam penelitian ini kumpulan fabel yang tersedia pada Redaksi Kumparan beserta sumber data sekunder berupa jurnal, buku, artikel, beserta informasi yang tercantum pada internet yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik telaah pustaka dan dokumentasi. Hasil analisis kesalahan ortografi pada 10 fabel yang tersedia dalam redaksi kumparan, ditemukan kesalahan pemakaian huruf kapital sebesar 79% dari jumlah kesalahan sebanyak 74, kesalahan penulisan tanda baca sebesar 18%, dari jumlah kesalahan sebanyak 17, kesalahan tanda baca meliputi tanda titik (.) sebanyak 6 kesalahan, tanda koma (,) sebanyak 10 kesalahan, tanda seru (!) sebanyak 1 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan pada tanda tanya (?) selain itu, kesalahan pada penggunaan kata sebesar 3% meliputi kata depan sebanyak 3 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan pada penggunaan kata sandang. Hasil analisis yang telah disusun selanjutnya dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas VII pembelajaran bahasa indonesia yaitu teks fabel sesuai dengan KD. 3.16 Menelaah Kebahasaan Fabel. Bahan ajar yang disusun telah divalidasi oleh validator ahli dan disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, kompetensi inti dan kompetensi dasar, baik dari aspek perkembangan psikologis, dan juga kebahasaan. Kata Kunci: analisis, bahan ajar, fabel, kesalahan, ortografi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 06:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60018 |
Actions (login required)
View Item |