PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MOTIVASI BERPRESTASI ANAK DI SDN PARAKANPANJANG KABUPATEN

Shafira Luthfia Rayani, 182020021 (2022) PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MOTIVASI BERPRESTASI ANAK DI SDN PARAKANPANJANG KABUPATEN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar, hambatan serta upaya dalam meningkatkan motivasi belajar, dan implikasi praktis terhadap ilmu kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research untuk memahami secara langsung serta peneliti ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung dan berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal) yaitu di SDN Parakanpanjang Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat merasakan dampak dari adanya program kampus mengajar dalam melaksanakan proses belajar secara mandiri, melalui (1) pola pikir, yakni kemampuan dalam menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh, (2) mental dan emosional anak, yakni kondisi psikis, emosi serta sikap dalam proses pembelajaran. Hambatan dan upaya dalam mendorong motivasi berprestasi anak meliputi pemberian kesempatan pada anak untuk dapat beraktualisasi, melalui (1) teknik role playing, yakni mengungkapkan isi pikiran, menjelaskan sesuatu, dan melakukan evaluasi, (2) inisiatif anak, yakni mampu mengenali dirinya dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Upaya yang dilakukan dalam mendorong motivasi berprestasi anak yaitu dengan pemberian fasilitas serta arahan dalam adaptasi teknologi agar peserta didik dapat melek teknologi dan menyesuaikan pembelajaran dengan baik. Implikasi praktis pekerja sosial dalam pemberian motivasi berpestasi ini meliputi, peran-peran pekerja sosial, dan prinsip-prinsip pekerjaan sosial. Kata kunci : Program Kampus Mengajar, Motivasi Berprestasi, Peran Pekerja Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:55
Last Modified: 25 Oct 2022 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59885

Actions (login required)

View Item View Item