ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK SMA PASUNDAN 8 BANDUNG KELAS XII IPS PADA MATERI AKUNTANSI (Tahun Ajaran 2022/2023)

NURULITA, DINDA, 185020040 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK SMA PASUNDAN 8 BANDUNG KELAS XII IPS PADA MATERI AKUNTANSI (Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0.COVER DEPAN.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan berhitung peserta didik di Indonesia berdasarkan hasil survei oleh lembaga survei OECD (Organisation for Economic Coperation and Development) dalam program PISA (Programme for International Student Assesment) tahun 2018 yang mengukur kemampuan berhitung, membaca dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerik peserta didik kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung pada pembelajaran materi akuntansi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena hanya ingin mengetahui kemampuan numerik peserta didik di sekolah tersebut. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan numerik pada materi akuntansi masih rendah dengan tidak adanya peserta didik yang memiliki kemampuan numerik sangat tinggi yaitu dengan rentang nilai 90-100. Peserta didik yang memiliki kemampuan numerik tinggi hanya terdapat 3 peserta didik dengan rentang nilai 80-89, yang memiliki kemampuan numerik sedang sebanyak 5 peserta didik dengan rentang antara 65-79, peserta didik yang memiliki kemampuan numerik pada materi akuntansi yang rendah hingga sangat rendah terdapat 20 peserta didik yaitu pada rentang nilai 55-64 dan 0-54. Hal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan numerik pada materi akuntansi disebabkan oleh kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik (i) Kesulitan dalam mengingat dan memahami konsep perhitungan persmaan dasar akuntansi (ii) Sulit dalam penalaran dan pemikiran logika dalam permasalahan soal akuntansi (iii) kemampuan perhitungan dasar (pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) yang rendah (iv) Sudah berpikir akuntansi behubungan dengan perhitungan yang rumit sehingga peserta didik malas dan memilih jalan lain yang tidak baik seperti melihat jawaban teman atau menjawab dengan asal. Kata Kunci: Kemampuan Numerik, Akuntansi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:29
Last Modified: 24 Oct 2022 01:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59811

Actions (login required)

View Item View Item