Muhammad Tharfi Sawiyyan, 182030062 (2022) PENGARUH GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (597kB) | Preview |
Abstract
Makanan dan kebiasaan orang-orang di suatu daerah telah mengembangkan makanan sehingga menjadi khas. Serta menjadi sebuah identitas, makan suatu negara juga dipandang sebagai identitas nasional, yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Tidak hanya sebagai alat bertahan hidup, makanan juga merupakan pertanda. Korea selalu berusaha memperkenalkan negaranya kepada publik melalui budaya populer melalui soft diplomasi yang disebut Hallyu. Produk Hallyu meliputi produk kecantikan, teater, dan makanan. Peran dapur atau kitchen dalam diplomasi publik ini berupa kebijakan pangan. Gastrodiplomasi memiliki dampak positif bagi keberlanjutan hubungan antar negara, terutama sebgai media untuk memperkenalkan/promosi kerjasama antara 2 negara (bilateral) atau lebih (multilateral) untuk perdamain, serta menunjukan suatu bangsa, persahabatan antara negra, & pembangunan bangsa dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gastrodiplomasi yang di terapkan Korea Selatan, selanjutnya untuk mengetahui bagaiamana media sosial mempegaruhi gastrodiplomasi di kota Bandung serta perkembangan nya di masyarakat sekitar. Manfaat penelitian secara teoritis, penelitian ini di harapkan dapat bermandaat untuk memperluas ilmu pengetahuan ilmu Hubungan Internasional khususnya pada teori diplomasi dan gastrodiplomasi. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai soft diplomacy Korea Selatan memalui gastrodiplomasi sebagai daya tarik dari budaya Korea Selatan. Metode yang di gunakan penulis dalam penelitian kali ini adalah sebuah metode deskriptif dan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan suatu kejadian dan peristiwa yang menginterpresentasikan data yang ada. Sedang kan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kepustakaan/literatur dan kuesioner Bersarkan analisa data yang di lakukan, diperoleh kesimpulan bahwa gastrodiplomasi yang memanfaatkan media sosial dapat menjadi upaya dalam meningkatnya citra Korea Selatan. Serta memberikan kesempatan bagi Korea Selatan untuk di kenal dengan citra yang lebih baik, seperti pada masyarakat kota Bandung yang menyambut makanan korea dengan baik, dimana dengan itu dapat menjadi jembatan dalam menjalin hubungan dan kerjasama dengan negara-negara lain. Kata Kunci : Soft Power, Diplomasi Publik, Korean Wave, Gastrodiplomasi, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 06:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59779 |
Actions (login required)
View Item |