LUSIANA, RISKA EKA, 185020037 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER DEPAN.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung; (ii) kemandirian belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung; (iii) hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survey, pengumpulan data melalui angket dengan 85 sampel peserta didik. Analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) Motivasi belajar peserta didik termasuk kriteria kuat dengan rata-rata 3,75; (ii) Kemandirian belajar peserta didik termasuk kriteria sangat kuat dengan rata-rata 4,01; (iii) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai Pearson Corelation (r) sebesar 0,721 termasuk kategori kuat, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai R Square sebesar 0,520 yakni motivasi belajar berkontribusi sebesar 52% terhadap kemandirian belajar. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (i) Bagi sekolah, menentukan langkah-langkah yang dapat menciptakan motivasi dan kemandirian; (ii) Bagi pendidik, mampu menciptakan pembelajaran efektif yang merangsang motivasi dan sikap mandiri; (iii) Bagi peserta didik, mengoptimalkan pembelajaran agar motivasi dan kemandirian mampu ditingkatkan; (iv) Bagi peneliti selanjutnya, mengkaji lebih luas dan mencari sumber informasi lebih banyak. Kata Kunci: Motivasi Belajar. Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 04:19 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 04:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59721 |
Actions (login required)
View Item |