HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung)

LUSIANA, RISKA EKA, 185020037 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung; (ii) kemandirian belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung; (iii) hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survey, pengumpulan data melalui angket dengan 85 sampel peserta didik. Analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) Motivasi belajar peserta didik termasuk kriteria kuat dengan rata-rata 3,75; (ii) Kemandirian belajar peserta didik termasuk kriteria sangat kuat dengan rata-rata 4,01; (iii) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai Pearson Corelation (r) sebesar 0,721 termasuk kategori kuat, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai R Square sebesar 0,520 yakni motivasi belajar berkontribusi sebesar 52% terhadap kemandirian belajar. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (i) Bagi sekolah, menentukan langkah-langkah yang dapat menciptakan motivasi dan kemandirian; (ii) Bagi pendidik, mampu menciptakan pembelajaran efektif yang merangsang motivasi dan sikap mandiri; (iii) Bagi peserta didik, mengoptimalkan pembelajaran agar motivasi dan kemandirian mampu ditingkatkan; (iv) Bagi peneliti selanjutnya, mengkaji lebih luas dan mencari sumber informasi lebih banyak. Kata Kunci: Motivasi Belajar. Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:19
Last Modified: 12 Oct 2022 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59721

Actions (login required)

View Item View Item