ALAEDA, PUTRI RAHMA, 185060110 (2022) PENGARUH APLIKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman siswa pada pelajaran IPA di SD Pertiwi Bandung dikarenakan proses pembelajaran yang kurang memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif untuk merangsang pemahaman siswa. Guru belum ahli dalam mengaplikasikan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi di tengah pesatnya perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran dengan salah satunya memanfaatkan media pembelajaran digital aplikasi wordwall. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi wordwall terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Pertiwi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan angket. Tes yang digunakan berupa soal uraian yang dijadikan sebagai data pemahaman siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SD dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan konvensional dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang memanfaatkan penggunaan media wordwall dalam proses belajarnya. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, uji linearitas, dan uji regresi yang dibantu dengan software IBM SPSS versi 28. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan wordwall dan gambaran proses pembelajaran siswa dengan pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan pemahaman siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dihasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 melalui uji paired sample t test, terdapat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 76,6% pada kelas eksperimen. Dengan demikian media wordwall memberikan pengaruh terhadap pemahaman siswa di kelas IV SD Pertiwi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Digital, Aplikasi Wordwall, Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPA SD, Permainan Edukasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 07:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 07:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59673 |
Actions (login required)
View Item |