PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS KOMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RAHMATUNNISA, Sabila (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS KOMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama dan kesulitan yang dialami oleh peserta didik ketika menulis teks drama. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan media dan teknologi yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Seperti yang diketahui, bahwa penggunaan media dan teknologi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar, motivasi, dan keaktifan peserta didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama sesuai dengan isi, kebahasaan, dan struktur; untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks drama antara kelas eksperimen yang menggunakan media flipbook berbasis komik dan kelas kontrol yang menggunakan media gambar; serta untuk menguji efektivitas media flipbook berbasis komik dalam pembelajaran menulis teks drama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi rancangan tes awal dan teks akhir dengan kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data prates dan pascates dari kelas eksperimen dan kontrol peserta didik kelas VIII SMPN 40 Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini terbukti kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks drama yang menggunakan media flipbook berbasis komik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 20,75 meningkat menjadi 86,00 pada saat pascates. Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pascates 86,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pascates 75,75. Media flipbook berbasis komik efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks drama dibandingkan media gambar. Hal ini dibuktikan melalui hasil Uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media flipbook berbasis komik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama. Kata Kunci: Menulis, teks drama, flipbook berbasis komik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:04
Last Modified: 06 Oct 2022 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59672

Actions (login required)

View Item View Item