RAHMATUNNISA, Sabila (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS KOMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama dan kesulitan yang dialami oleh peserta didik ketika menulis teks drama. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan media dan teknologi yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Seperti yang diketahui, bahwa penggunaan media dan teknologi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar, motivasi, dan keaktifan peserta didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama sesuai dengan isi, kebahasaan, dan struktur; untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks drama antara kelas eksperimen yang menggunakan media flipbook berbasis komik dan kelas kontrol yang menggunakan media gambar; serta untuk menguji efektivitas media flipbook berbasis komik dalam pembelajaran menulis teks drama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi rancangan tes awal dan teks akhir dengan kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data prates dan pascates dari kelas eksperimen dan kontrol peserta didik kelas VIII SMPN 40 Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini terbukti kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks drama yang menggunakan media flipbook berbasis komik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 20,75 meningkat menjadi 86,00 pada saat pascates. Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pascates 86,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pascates 75,75. Media flipbook berbasis komik efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks drama dibandingkan media gambar. Hal ini dibuktikan melalui hasil Uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media flipbook berbasis komik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama. Kata Kunci: Menulis, teks drama, flipbook berbasis komik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 04:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 04:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59672 |
Actions (login required)
View Item |