FITRIANTY, NURJIHAN, 185020022 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei pada Mahasiswa FKIP Universitas Pasundan Tahun Akademik 2021-2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAC.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
4. RINGKESAN.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar mahasiswa yang menurun akibat pembelajaran yang utamanya berada pada lingkungan pendidik kini beralih dan terpusat kepada lingkungan keluarga, serta kurangnya antusias mahasiswa dalam mengembangkan literasi khususnya literasi digital, mahasiswa kurang aktif untuk memberikan gagasan atau ide kepada dosen dan mahasiswa lainnya saat pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan (i) pengaruh literasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP Universitas Pasundan (ii) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP Universitas Pasundan (iii) pengaruh literasi digital dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP universitas Pasundan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode survei memiliki sampel sejumlah 95 Mahasiswa FKIP Unpas. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menunjukan literasi digital bertambah sebesar 13.880 maka motivasi belajar bertambah 0,268 dan lingkungan keluarga bertambah 13,880 maka motivasi belajar bertambah 0,260. Adapun hasil penelitian diperoleh (i) literasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa memperoleh hasil dari analisis uji koefisien determinasi dengan interpretasi kuat dengan nilai sebesar 58,8% (ii) lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar memperoleh hasil dari uji koefisien determinasi dengan interpretasi kuat dengan nilai sebesar 61,8% (iii) literasi digital dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar memperoleh nilai R Square sebesar 72% sedangkan 28% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sebagai akhir penelitian penulis sampaikan saran (i) bagi pendidik dapat dipakai sebagai input serta informasi dilingkungan kampus untuk dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar mahasiswa serta dapat menerapkan literasi digital kepada semua pihak (ii) bagi mahasiswa dari hasil penelitian ini semoga mahasiswa dapat lebih bersemangat dan termotivasi dalam kegiatan proses pembelajaran (iii) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel-variabel diluar penelitian ini karena penelitian ini hanya berfokus pada pengaruh literasi digital dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar agar dapat memperoleh hasil penelitian yang bervariatif. Kata Kunci : Literasi Digital, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 06:38 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59630 |
Actions (login required)
View Item |