PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS ( PTMT ) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 1 KALIPUCANG

Rahman, Defa Fatchur, 185010028 (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS ( PTMT ) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 1 KALIPUCANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi saat pembelajaran menggunakan strategi secara blended learning pada saat pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan yang mana tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran secara blended learning ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan quasi experimental atau eksperimen semu dan pendekatakn kuantitatif serta variabel independent yaitu pengaruh strategi blended learning dan variabel dependen yaitu motivasi peserta didik. Dalam menentukan sampel penelitian menggunakan random sampling adapun sampel yang digunakan yaitu kelas X Tata Boga A dan X Tata Boga B. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kusioner dan wawancara. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan asumsi klasik uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis lalu uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada saat menggungakan strategi pembelajaran secara blended learning memiliki tanggapan yang sangat baik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan t hitung = 11.075 > t tabel 0, 2353 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh pelaksanaan strategi pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap variable dependen yaitu motivasi peserta didik. Melalui uji koefisien determinasi (R Square) deketahui bahwasanya pengaruh strategi blended learning pada masa pembelajaran tatap muka terbatas memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar variabel bebas (Pengaruh blneded learning) terhadap variabel terikat (Motivasi peserta didik) adalah sebesar R Square 0,727 x 100 = 73%. Kata Kunci : Blended learning, motivasi peserta didik, dan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:42
Last Modified: 23 Sep 2022 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59558

Actions (login required)

View Item View Item