FEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM INDRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

DESYAFITRI, ANITA FAUZIA (2022) FEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM INDRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangalah penting bagi peserta didik. Namun, pembelajaran di sekolah belum mengarahkan peserta didik untuk menguasai kemampuan berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik dalam menciptakan gagasan atau ide kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah diberikan pembelajaran flipped classroom pada materi sistem indra. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental berbentuk one-group pretest-posttest. yang melibatkan 33 peserta didik kelas XI MIPA B SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat nilai rata-rata pretest 53,39 dan nilai rata-rata posttest 75,36 serta nilai N-gain sebesar 0,46 kategori sedang. Kemampuan berpikir kreatif secara keseluruhan signifikan pada taraf signifikan α 0,05, dengan nilai rata-rata sebesar 75,3 %. Hal ini menunjukan pembelajaran flipped classroom melalui aktivitas peserta didik dalam menyusun, merancang dan membuat karya berupa poster terhadap berbagai permasalahan dalam konsep sistem indra, mendapatkan gagasan atau ide kreatif yang baik dan mendorong brainstroming peserta didik dengan temannya. Peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran flipped classroom. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Flipped classroom, dan Sistem indra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:53
Last Modified: 23 Sep 2022 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59555

Actions (login required)

View Item View Item