DESYAFITRI, ANITA FAUZIA (2022) FEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM INDRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (858kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangalah penting bagi peserta didik. Namun, pembelajaran di sekolah belum mengarahkan peserta didik untuk menguasai kemampuan berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik dalam menciptakan gagasan atau ide kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah diberikan pembelajaran flipped classroom pada materi sistem indra. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental berbentuk one-group pretest-posttest. yang melibatkan 33 peserta didik kelas XI MIPA B SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat nilai rata-rata pretest 53,39 dan nilai rata-rata posttest 75,36 serta nilai N-gain sebesar 0,46 kategori sedang. Kemampuan berpikir kreatif secara keseluruhan signifikan pada taraf signifikan α 0,05, dengan nilai rata-rata sebesar 75,3 %. Hal ini menunjukan pembelajaran flipped classroom melalui aktivitas peserta didik dalam menyusun, merancang dan membuat karya berupa poster terhadap berbagai permasalahan dalam konsep sistem indra, mendapatkan gagasan atau ide kreatif yang baik dan mendorong brainstroming peserta didik dengan temannya. Peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran flipped classroom. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Flipped classroom, dan Sistem indra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 03:53 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59555 |
Actions (login required)
View Item |