EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN KARANG MULYA

Nurmaliah, Lia, 185060105 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN KARANG MULYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER-1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK (1) BAHASA INDONESIA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK (2) BAHASA INGGRIS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK (3) BAHASA SUNDA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I PENDAHULUAN-1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
17. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (321kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkann hasil belajar peserta didik melalui pengunaan LKPD dengan Metode SQ3R Pada tema 2 subtema 1 dengan pelaksanaan penelitian pada kelas IVA dan IVB di SDN Karang Mulya. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan metode SQ3R adalah bahan ajar cetak berupa lembaran kertas yang berisi materi, petunjuk-petunjuk, pelaksanaan tugas pembelajaran yang dikerjakan oleh peserta didik mengacu pada metode SQ3R yaitu Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan tes. Tes yang digunakan berupa pre-test sebelum diberi perlakuan dan pos-ttest untuk mengambil data hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Objek yang digunakan yaitu kelas IV A yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang berjumlah 19 peserta didik sebagai kelas Kontrol. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas Varians, dan Uji Kesamaan Dua Rata-Rata. Hasil data dalam penelitian ini terdapat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penilaian menunjukan bahwa nilai signifikan (2-tail) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Kemampuan pemahaman siswa saat mengerjakan LKPD menggunakan metode SQ3R lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mengerjakan LKPD yang tidak menggunakan metode SQ3R. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan metode SQ3R) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, khusunya kelas IV. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa Peserta Didik (LKPD) dengan metode SQ3R, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:21
Last Modified: 22 Sep 2022 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59543

Actions (login required)

View Item View Item