EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) BERDASARKAN PERMENKES RI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI KESEHATAN (Studi Kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur)

UNSPECIFIED EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) BERDASARKAN PERMENKES RI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI KESEHATAN (Studi Kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Cover, kata pengantar, l Pengesahan, daftar Isi, gambar, lmpiran.docx

Download (318kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

Mengingat penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur belum pernah dilakukan evaluasi maka penelitian ini akan melakukan evaluasi implementasi SIMRS berdasarkan PERMENKES RI No 1171 Tahun 2011. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan mengevaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Berdasarkan PERMENKES RI Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Informasi Kesehatan Mengetahui gambaran kondisi eksisting SIMRS selanjutnya untuk mengetahui gambaran kualitas informasi SIMRS serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan dan pengembangan SIMRS dalam upaya meningkatkan kualitas informasi di RSUD Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang relevan sesuai dengan kajian masalah dan dilakukan pada Staff Bagian Penunjang RS, Penanggungjawab SIRS Kepala Ruangan Rawat Inap dan Rawat Jalan dan user yang menggunakan SIMRS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur belum terdapat kesesuaian diantaranya sistem pelaporan belum terintegrsi dengan 5RL berdasarkan Permenkes RI No.1171 Tahun 2011 karena belum menggunakan data hasil dari SIMRS serta belum sepenuhnya berjalan secara maksimal baik diunit pelayanan maupun manajemen, belum adanya SDM analis sistem, programmer, teknisi dan maintance jaringan, belum maksimal penggunaan SIMRS oleh SDM terkait masih kurangnya kesadaran, kepatuhan, pengetahuan, beban kerja dan tanggungjawab user, Ketidak stabilan jaringan internet serta belum terakses keseluruh ruangan RSUD Kabupaten Belitung Timur, tidak adanya supervise yang terjadwal. Evaluasi pada penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur masih terdapat ketidaksesuaian. Rekomendasi perbaikan SIMRS adalah dengan memaksimalkan pemamfaatan fasilitas SIMRS dalam hal pelaksanaan dan pembuatan laporan, penambahan SDM bagian SIMRS agar meningkatkan pelayanan kepada user yang membutuhkan bantuan menjalankan SIMRS, mengadakan supervisi yang terjadwal baik dari kepala ruang atau bagian manajemen rumah sakit agar dapat memantau user dalam melakukan pekerjaan menggunakan SIMRS, meningkatkan kualitas network/jaringan internet dalam wilayah kerja RSUD Kabupaten Belitung Timur. Kata kunci : SIMRS, PERMENKES RI No. 1171 Tahun 2011, Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: RESEARCH REPORT
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:16
Last Modified: 19 Sep 2022 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59297

Actions (login required)

View Item View Item