PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PUISI MODERN MENGGUNAKAN MEDIA ZINE PADA SISWA KELAS 8 MTS AR-ROHMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MELINDA, ROSIANA, 185030090 (2022) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PUISI MODERN MENGGUNAKAN MEDIA ZINE PADA SISWA KELAS 8 MTS AR-ROHMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Berbahasa Indonesia.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Berbahasa Inggris.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Berbahasa Sunda.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Rosiana Melinda_185030090.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Rosiana Melinda_185030090.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Rosiana Melinda_185030090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
Bab IV_Rosiana Melinda_185030090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V_Rosiana Melinda_185030090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya efektivitas pembelajaran semenjak diterapkannya sistem PJJ moda daring pada masa pandemi Covid-19, rendahnya keterampilan siswa dalam memproduksi teks puisi modern, serta media Zine dengan semangat swakriya belum pernah digunakan guru bahasa Indonesia di kelas formal. Beberapa hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran, hilangnya kesempatan interaksi dua arah yang kondusif di tengah pembelajaran tatap maya, serta Zine belum marak digunakan di kelas formal, utamanya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dampaknya, siswa menjadi sulit memahami materi ajar, kehilangan proses kreatif, antusiasme, dan semangat belajar menulis kreatif sastra di kelas. Oleh karena itu, penulis menjadikan media Zine sebagai alternatif media pada pembelajaran memproduksi teks puisi modern di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas 8 dalam memproduksi teks puisi modern berdasarkan jenis dan unsur pembangun puisi. Selain itu, untuk menguji efektivitas penggunaan media Zine dalam pembelajaran memproduksi teks puisi modern dibandingkan dengan media kartu bergambar di kelas kontrol. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan kategori the nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Ar-Rohmah Bandung. Hasil penelitian yang penulis peroleh membuktikan bahwa penulis mampu melakukan pembelajaran memproduksi teks puisi modern menggunakan media Zine. Siswa mampu memproduksi teks puisi modern menggunakan media Zine. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 59 menjadi 77 saat pascates (peningkatan sebesar 18%). Media Zine terbukti efektif dengan merujuk hasil uji paired sample t test yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media Zine dengan kelas kontrol yang menggunakan media kartu bergambar. Hal ini dapat ditinjau melalui hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,021 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa media Zine efektif dan terbukti signifikan untuk meningkatkan kemampuan memproduksi teks puisi modern siswa kelas 8 di MTs Ar-Rohmah Bandung. Kata Kunci: Memproduksi Teks, Teks Puisi Modern, Media Zine

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Sep 2022 07:50
Last Modified: 17 Sep 2022 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59296

Actions (login required)

View Item View Item