FAUZIAH ,, 185060145 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOGSPOT SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
17. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
Text
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep literasi digital di lingkungan siswa Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi digital siswa setelah menggunakan website Blogspot pada siswa kelas IV SDN Karang Mulya Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2021/2022. Dari hasil penyebaran kuesioner pada tahap awal menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep penggunaan Blogspot sebagai media digital siswa rendah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Blogspot Sebagai Media Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Digital Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN Karang Mulya sebanyak 41 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampel Jenuh karena jumlah responden kurang dari 100. Menggunakan metode prosentase untuk pengukuran hasil kuesioner maka instrumen penelitian mencakup indikator media Blogspot dan literasi digital. Kuesioner yang disajikan menggunakan Skala Likert yang terdiri dari prosentase 1 sampai 5 dengan tafsiran Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Ragu- ragu, Setuju, sampai Sangat Setuju. Terdapat 15 pernyataan variabel media Blogspot dan 9 pernyataan variabel literasi digital dengan seluruh pernyataan bernilai positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep penggunaan Blogspot sebagai media literasi digital dengan perolehan rata – rata yang terbesar yakni 4,35 yang menunjukan pada penafsiran “sangat baik” karena ada pada rentang 4,21 - 5,00 dengan total skor rata – rata yang sebelumnya hanya sebesar 3,68 ini menandakan adanya peningkatan sebesar 0,7. Sedangkan pada varibel literasi digital terjadi peningkatan sebesar 0,3 yakni yang sebelumnya 3.83 dan setelah penerapan konsep literasi digital 4.13. Kemudian jika dilihat dari tafsiran peningkatan terjadi dari kategori “Baik” ke “Sangat baik”. Kemudian peningkatan diperkuat dengan wawancara dan hasil observasi kegiatan yang menunjukan angka 88 dan masuk ke dalam interval 76 – 100 dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: Media Blogspot, Literasi Digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59294 |
Actions (login required)
View Item |