ANALISIS PENILAIAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARANBIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA)

Hermawan, Dilla Fitri, 185040014 (2022) ANALISIS PENILAIAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARANBIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaanBibliometrix Tools untuk menganalisis tentang penilaian kognitif pada pembelajaranbiologi. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Network Analysis (SLNA). SLNA merupakan gabungan dari SLR dan BA untuk mendapatkan datayang relevan dan akurat, mendapatkan jumlah publikasi ilmiah dalaminterval waktu, mendapatkan data lembaga publisher yang paling banyak mempublikasikan jurnal ilmiah, peneliti yang paling produktif, jejaring tema dan trend perkembangan riset khususnya tentang kognitif. Kebanyakan guru atau pendidik menggunakan penilaianberupa tes tulis. Dengan penggunaan tes, berakibat tidak berkesan oleh siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah. Alternatif yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan penilaian yang bersifat “fun” tapi tetap“learning” sebagai stimulan yang dapat menyegarkan ingatan, menarik, memberikankesan yang baik dalam memori otak siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat penilaian berbasis teknologi diharapkan dapat menjadi solusi bagi guruterutama dalam pembelajaran biologi dalam melakukan evaluasi serta mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, terkhusus pada penilaian kognitif peserta didik. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak platform yang sudah tersedia seperti Google Clasroom, Edmodo, Kelas Pintar, Zenius, Quizizz dan sebagainya. Kata Kunci: Bibliometrix Tools, SLNA, Kognitif dan Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:57
Last Modified: 16 Sep 2022 08:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59287

Actions (login required)

View Item View Item