Fadillah, Yusa Nur, 185060135 (2022) PENGARUH PENERAPAN GAMIFIKASI PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
185060135_Yusa (Cover).pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa Nur Fadillah (Lembar Pengesahan).pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa (Abstrak Indonesia).pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa (Abstrak Inggris).pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa (Abstrak Sunda).pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa (BAB I).pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
185060135_Yusa (BAB II).pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
185060135_Yusa (BAB III).pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
Text
185060135_Yusa (BAB IV).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
185060135_Yusa (BAB V).pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
Text
185060135_Yusa (Daftar Pustaka).pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi kompetensi abad ke-21 dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran gamifikasi pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, perbedaan rata-rata hasil belajar siswa gamifikasi pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa model pembelajaran konvensional, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa gamifikasi pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa model pembelajaran konvensional, besar pengaruh penerapan gamifikasi pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain quasi exsperimental design bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pembelajaran gamifikasi pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berjalan dengan baik dan sesuai sintaks, nilai signifikansi menggunakan uji Mann Whitney terhadap nilai pretest sebesar 0,005 dan posttest sebesar 0,000. Nilai signifikansi menggunakan uji t pada data uji gain ternormalisasi sebesar 0,000. Uji Effect size didapatkan nilai sebesar 2,06. Kesimpulan pada penilitian ini adalah proses pembelajaran kelas gamifikasi pada model pembelajaran TGT berjalan baik dan lancar sesuai sintaks, terdapat perbedaan hasil belajar siswa baik pada data pretest dan posttest yang menunjukkan rata-rata hasil belajar lebih tinggi di kelas gamifikasi pada model kooperatif tipe TGT, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas gamifikasi pada model pembelajaran TGT dan kelas konvensional yang menunjukkan peningkatan hasil belajar lebih tinggi di kelas gamifikasi pada model pembelajaran tipe TGT, dan gamifikasi pada model pembelajaran TGT berpengaruh besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Gamifikasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 08:40 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 08:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59284 |
Actions (login required)
View Item |