SUKARNA, RYANI SITI ANJANI, 185040008 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSSROOM BERBANTU MEDIA KAHOOT PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESHAN.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan problem solving merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada perkembangan abad 21 agar peserta didik dapat menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan problem solving, salah satunya dengan pemanfaatan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik seperti flipped classroom yang dapat mebantu peserta didik belajar secara mandiri. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran juga dapat membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan baik dan menarik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan bantuan media kahoot dalam proses pelaksanaan kegiatan pretest-posttest. Instrument soal yang digunakan berupa pilihan ganda yang disesuaikan dengan komponen kemampuan problem solving. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan dari kemampuan problem solving peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantu media kahoot dalam mempelajari materi biologi. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X Ipa 6 SMAN 1 Katapang yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi, sehingga hipotesis alternatif pada penelitian diterima dimana terdapat peningkatan kemampuan problem solving setelah pembelajaran menggunakan flipped classroom berbantu media kahoot. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil postif dengan adanya peningkatan kemampuan problem solving peserta didik kelas X Ipa 6 SMAN 1 Katapang setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantu media kahoot dalam mempelajari materi perubahan lingkungan. Kata kunci : problem solving, flipped classroom, kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:23 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58966 |
Actions (login required)
View Item |